Manfaat IT untuk Bisnis Perorangan dan Skala Kecil




IT sekarang banyak digunakan hampir diseluruh aspek kehidupan, mulai dari bisnis, pendidikan, hiburan, komunikasi, dll. Pemanfaatannya tidak terbatas hanya pada segmen umur tertentu,  dulu saat pertama kali IT berkembang di Indonesia, yang dapat memanfaatkannya hanya golongan tertentu bahkan dari segi umur biasanya hanya orang dewasa yang memiliki pengetahuan dan ekonomi berlebih yang dapat menikmatinya, sekarang IT bisa dinikmati oleh segala umur mulai dari balita hingga manula.

Ipad tablet technology untuk sarana berjualan online (Sumber:https://pixabay.com/photos/ipad-tablet-technology-touch-820272/)

Kemajuan IT yang semakin menjadi-menjadi ternyata memberikan pengaruh yang sangat baik terutama dalam bidang bisnis tidak terkecuali skala menengah, bak angin segar, dengan adanya IT, siapapun dapat memasarkan produk mereka ke khalayak luas tanpa harus memiliki tempat untuk berjualan, atau yang biasa kita kenal dengan e-commerce. Pemanfaatan IT membuat pemiliki bisnis seperti misalnya UKM(Usaha Kecil Menengah) mampu mengenalkan dan memasarkan produknya  bahkan hingga keluar negeri tanpa kendala yang berarti, meskipun dibutuhkan kemampuan bahasa demi menunjang bisnis dengan target skala internasional. 
Manfaat lain yang dapat dirasakan pemilik bisnis skala kecil semenjak berkembangnya IT dalam bidang e-commerce yakni mengurangi biaya operasional, contohnya tidak adanya biaya untuk sewa tempat, biaya pemasaran yang relatif kecil bahkan gratis, dengan berkurangnya biaya operasional maka pemilik bisnis dapat menggunakan biaya tersebut untuk pembiayaan lain, seperti menambah modal untuk produksi yang lebih banyak, menambah peluang bisnis lain, dan lain-lain. Berbagai macam layanan e-commerce yang dapat dimanfaatkan oleh perorangan atau UKM misalnya: Tokopedia.com, Bukalapak.com, Blibli.com Shopee dan masih banyak lagi.
Komunikasi yang cepat dan tepat sasaran juga turut menjadi alasan IT turut mendongkrak bisnis, karna diera sekarang pembeli tidak perlu kesulitan untuk mengirim email untuk melakukan pemesanan dan komplain, cukup gunakan fasilitas yang ada dalam aplikasi.





No comments:

Post a Comment