Teknologi yang Merubah Kehidupan


Apa Itu Komputer?

      Komputer merupakan suatu perangkat elektronik untuk mengolah data dengan prosedur yang sudah dirumuskan. computer awalnya dipergunakan untuk menggambarkan seseorang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika dengan atau tanpa alat bantu, tetapi kata ini akhirnya pindah ke perangkat itu sendiri.

Asal Mula Komputer

Komputer Generasi Pertama (sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/ENIAC)
      Komputer pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage, mesin penghitung atau dikenal dengan Difference Engine yang dirancang pada tahun 1822, mesin ini merupakan icon populer dan terkenal dalam sejarah. Komputer selalu mengalami perkembangan dari generasi ke generasi, mulai dari komputer generasi pertama dengan nama ENIAC (1946 - 1959), lalu ada komputer generasi kedua LARC (1959 - 1964), kemudia komputer generasi ketiga (1964 - 1970), ke generasi keempat (1970 - 2000) sampai generasi sekarang ini. Dimana dari generasi pertama hingga saat ini sudah banyak sekali perubahan dari mulai ukuran, performa hingga harga, karena tidak seperti dulu hanya orang - orang tertentu yang dapat memiliki/mengakses komputer yang jika dibandingkan dengan saat ini dimana hampir setiap orang dari berbagai kalangan bisa mengakses komputer.

Teknologi Merubah Kehidupan

      Limabelas tahun yang lalu kita membutuhkan peta sebuah kota yang berukuran besar untuk bisa mengetahui arah. Namun saat ini peta yang kita butuhkan sudah ada dalam genggaman, dalam sekali sentuh kita tidak hanya bisa mengetahui arah menuju tujuan tetapi juga bisa mengetahui berapa lama kita akan sampai tujuan, kondisi lalu lintas, tempat pengisian bahan bakar terdekat, restoran terdekat, dan yang lainnnya. Hal ini mengubah cara kita melakukan penjalanan ke luar kota ataupun negeri, kita bisa berpergian tanpa perlu mengkhawatirkan kita akan tersesat dalam keadaan kelaparan.
Google Maps
      Cara kita berkomunikasi juga telah berubah dengan berkebangnya teknologi komunikasi, dengan adanya telepon genggam yang diperuntukan untuk berkomunikasi jarak jauh kegiatan surat menyurat mulai ditinggal bahkan sekarang dengan berkembangnya teknologi komunikasi mungkin kegiatan surat menyurat sudah mulai terlupakan. Internet menjadi cara baru kita berkomunikasi, E-Mail atau surat elektronik merupakan sebuah alternatif baru untuk melakukan kegiatan surat menyurat dimana surat yang dikirim akan langsung diterima tidak seperti dulu surat butuh beberapa hari bahkan bulan untuk sampai pada penerimanya.  Dan sekarang di era globalisasi modern ini media sosial menjadi sarana paling diminati karena kita bisa melakukan banyak hal seperti berkomunikasi, berinterkasi, dan berbagi informasi baik berupa tulisan, foto, atau video.
Contoh Media Sosial
   
      Teknologi sudah banyak merubah cara kita menjalani hidup bahkan mungkin sudah menjadi gaya hidup, seiring dengan berkembangnya teknologi dan semakin besarnya internet cara kita menjalani kehidupan pun ikut berubah menjadi lebih baik mengiringi perkebangan teknologi itu sendiri.











Referensi:
Atribusi  CC BY ( Siapapun diperkenankan untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan(derivasi), menyebarkannya secara luas, bahkan untuk keperluan komersial selama mencantumkan kredit atas ciptaan asli, yakni  dengan menyertakan referensi/sumber artikel link artikel ini.


Contoh konten dengan: Model Konten Digital ver 1.0
Sumber karya: https://arhpendragon.blogspot.com/2019/04/teknologi-yang-merubah-kehidupan.html

No comments:

Post a Comment